Saturday , 18 November 2017
Home // Tips Ponsel // Beda Layar Capacitive dan Resistive

Beda Layar Capacitive dan Resistive

Bagi rekan rekan yang punya ponsel touch screen. Touch screen sendiri di bagi 2 yakni Capacitive & Resistive Touchscreen. Perbedaan 2 jenis layar Capacitive & Resistive bisa di jelaskan dengan uraian berikut:
 Layar Capacitive
Layar Resistive
Cara Kerja Layar Capacitive 
Bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar dan jari tangan anda.
 
Cara Kerja Layar Resistive 
Bekerja dengan cara memanfaatkan dua lapisan tipis transparan di atas layar dan mengukur perbedaan resistensi antara kedua lapisan saat disentuh. Bisa di sentuh dengan tangan anda ataupun dengan media lainnya, dalam hal ini stylus.

Kelebihan dan kekurangan 2 Jenis Layar Touch Screen ini adalah: 

Layar Capacitive 
Sangat ‘smooth’ dan nyaman untuk dioperasikan karena hanya membutuhkan keberadaan jari tangan, tanpa tekanan. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90% dan bila terkena paparan sinar matahari tidak mempengaruhi kualitas tampilan. Namun kelemahannya adalah tidak mendukung penggunaan stylus. Terlebih lagi jenis layar sentuh yang ini tidak bisa digunakan sama sekali saat menggunakan sarung tangan.
Beberapa orang yang mungkin kesulitan jika menggunakan layar jenis ini adalah:
  • para pendaki gunung
  • orang-orang yang hidup di suhu dingin atau ekstrim dingin, tenaga medis yang stand by saat sedang mengenakan sarung tangan.
  • orang yang memelihara kuku panjang untuk fashion atau memainkan suatu jenis alat musik tertentu dsb.
Layar Resistive 
sensitif terhadap tekanan, mendukung penggunaan stylus, plectrum, dan benda sejenisnya. Tidak ada pengaruh walaupun menggunakan sarung tangan yang tebal. Lebih murah dibuat namun tidak mendukung multi finger touch (jika pengguna menyentuh layar dengan lebih dari 1 jari, gadget tidak bisa menentukan posisi sentuh dengan akurat). Tampilan layarnya tidak sejernih jenis capacitive. Pada beberapa gadget terbaru sistem resistive sudah dimodifikasi dengan adanya kinetic scrolling sehingga memudahkan proses geser halaman seperti pada sistem capacitive i-phone.
Ada banyak tips dan aplikasi OS symbian yang menggunakan layar touch screen dan tentunya akan semakin membuat ponsel anda semakin berbeda tampilannya, menarik dan unik. Aplikasi symbian bisa anda cari disini.

About admin

2 comments

  1. Tulisan yang sangat bermanfaat bagi kita semua.
    Terima kasih dan sukses selalu
    Dari: Titan21INTERIOR —> http://www.titan21interior.com

  2. Saya punya tablet android imo z3 yg ternyata layarnya msh menggunakan resistive touch screen.agak kesulitan dlm mnyentuh mengaplikasikan k layar krn harus dengan tekanan jari dan tidak sensitiv,selain itu pergerakan layar lambat mngkin OS nya msh mnggunakan Froyo versi 2.2. Akirnya saya brkeinginan mengganti tablet tersebut dengan yg lebih bagus spec nya..ada saran??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *