Saturday , 18 November 2017
Home // Dibuang sayang // Nokia C6 Murah

Nokia C6 Murah

Baru beberapa hari ini menguprek Nokia C6 yang di beli salah satu rekan saya. Nokia C6 tergolong baru dilihat dari jenis type ponselnya. Apa yang membuat saya begitu lama mengoprek Symbian ini. Jawabnya : karena memang baru sehingga cara yang digunakan untuk menghack juga baru. Tujuan dihack agar bisa menginstal semua aplikasi yang bermacam-macam.
Sepintas tentang penjelasan:
Handphone yang dijadikan pembanding adalah 3 tipe ini: Nokia 5800XM (touchscreen), 5730XM (slide Qwerty keyboard), N82 (Kamera 5 Megapixel).

Selamat menikmati

1. Design dan material.

Nokia C6 benar2 hadir dengan design yang menggoda. Tampilannya begitu anggun dengan kualitas plastik yang terasa lebih baik dari 5800. Faktor kenyamanan menempati point paling tinggi di genggaman saya, Lekukan casing dibagian bawah sungguh membuat betah saat dipenggang. Dan harus diakui bahwa jika dibandingkan dengan seri 5800, 5730, dan N82, Nokia C6 inilah yang memiliki bentuk paling nyaman saat di ubah-ubah posisi genggaman tangan. Great Job for Nokia.

Keyboad Qwerty begitu mulus meluncur dengan sedikit menggeser slide kebawah. Berbeda dengan Qwerty pada 5730, ukuran huruf2 di C6 menjadi lebih mini karena adanya penambahan D-Pad dibagian kanan. Beruntung, nokia berhasil mensiasati Qwerty yang lebih mini ini dengan desaign tuts yang menonjol disetiap hurufnya, sehingga cukup efektif dalam proses pengetikan.

Beralih ke D-pad disisi kanan, Kembali saya berdecak kagum pada sektor ini. Sangat fungsional digunakan. Diwaktu ingin browsing2 cepat dan merasa cukup ribet jika terus-menerus menggunakan sentuhan layar, maka penggunaan D-pad ini benar2 menjadi obat penawar sebagai alternatif yang bisa membuat anda kembali tersenyum.
Penempatan Speaker, usb port, charger port, dan jack audio saya rasa sudah benar dan sesuai. Hanya saja, tombol pengatur volume sama sekali tidak enak di tekan, keras!

Untuk senstitivitas layar, saya rasa sudah lebih baik dari 5800 (Fw 40.0.005v12) yang saya coba. Kinetic scrolling lebih mulus, juga lebih friendly digunakan dengan sentuhan jari. Sedikit masalah terjadi sewaktu saya ingin “login” kaskus dilayar atas browser. Berkali-kali saya kesulitan menekan tulisan login diweb kaskus ini walau sudah menggunakan tuts.
Secara keseluruhan dgn semua kenyamanan dan kualitas material yang digunakan, saya beri nilai 95

2. Multimedia dan Aplikasi.

Tidak banyak yang berubah dari penampilan Symbian OS v9.4 S60 5th yang ada pada Nokia C6 jika dibandingkan dengan 5800. Namun begitu, saya harus mengakui bahwa Processor dan ram C6 kurang mumpuni dalam menjalankan S60 5th ini. Jeda terlihat disana sini, baik saat membuka aplikasi ataupun saat menutupnya. Jika dibanding dengan N82 dan 5730, maka C6 sungguh terasa lambat. Dan saat dibandingkan membuka message dengan 5800 pun, C6 terlihat lebih lambat hampir 1 detik. Masih banyak yang perlu diperbaiki oleh nokia, karena beberapa kali aplikasi email di nokia Messaging tidak bisa ditutup.

Fitur GPS berjalan sempurna, C6 lebih cepat mendapatkan lock potition pada Ovi Map dibanding 3 seri lainnya. Namun penangkap sinyal GPS di C6 hanya menunjukan indikator bar sampai setengahnya, Dibanding N82 yang terlihat Full bar menangkap sinyal GPS. Tapi Hal ini bisa diabaikan mengingat penggunaan GPS di C6 cukup stabil dan lock potition pun cepat.

Video playernya juga bagus dilihat, berjalan lancar dan tidak patah2. Dilain hal yang berbeda, Perlu diketahui bahwa, kelemahan management Ram mungkin akan sering membuat anda kesal. Beberapa kali saya browsing kaskus, hanya sebatas 15menit menggunakan browser bawaan, sudah close dan menunjukan peringatan “memori penuh tutup beberapa aplikasi”.

Well, masa dengan harga yang segini menginginkan Spec hardware yang tinggi sekelas samsung galaxy S. Aplikasi lain nya yang biasa ada di S60 5th berjalan dengan baik.
Maka Pada sektor ini saya memberi nilai 70

3. Kamera.

Pertama kali mencoba saya benar2 langsung kecewa dengan hasil yang didapat dari sebuah kamera Ponsel 5 Megapixel. Tampilan indoor nya terlalu kaya akan warna merah. Namun ketika menelusuri lebih jauh pada mode pengaturannya, ternyata cukup merubah White balance nya ke mode Fluoresen, maka semua terasa jauh lebih baik.

Hasil Foto yang didapat dalam ruangan saat malam hari ternyata cukup cerah. Sama sekali tidak buram dan gelap sepeti 5800 dan 5730. Walaupun tingkat ketajaman gambar kurang baik, dan banyak sekali noise pada gambar, ternyata Nokia C6 masih mampu menampilkan hasil foto yang cerah.

Sekarang saya bandingkan dengan hasil dari N82 yang sama2 memiliki sensor 5Mpix. Hmm…kalo mau jujur sih saya bilang masih seperti langit dan bumi. Tanpa ada nya Carl Zeiss optics gambar dari kamera Nokia C6 bahkan sama sekali tidak menujukan ketajaman kameranya. Ditambah lagi noise yang terlampau banyak. Sepertinya ukuran sensor sebesar 5Mpix ini terlalu dipaksakan, jika saja size maksimal kamera hanya 3.2Mpix, mungkin noise yang dihasilkan bisa jauh menurun.

Dan sebagai pembandingan, saya lakukan test pengambilan gambar indoor malam hari pada objek berjarak 3 meter dengan Seting full automatic.
N82 menghasilkan gambar berukuran 1030kb
C6 menghasilkan gambar berukuran 570kb

Melihat size ukuran file gambar yang dihasilkan, anda tentu sudah tahu yang mana yang memiliki kualitas lebih baik. Namun untungnya, tingkat kecerahan gambar yang dihasilkan keduanya hampir serupa. Yang artinya gambar dari kamera C6 secara umum terlihat cerah dan mampu menyamai tingkat kecerahan gambar dari Xenon flash pada N82.

Meskipun Kamera C6 masih jauh dari kamera N82, tapi hasilnya masih sangat Layak untuk dipajang di Facebook, karena kan yang terpenting di FB hasilnya cerah dan foto yang ditampilkan disana dalam ukuran normal, jadi kelemahan2 kamera C6 nya tidak begitu terlihat

Dari semua pengujian, dan melihat juga pada faktor harganya. Maka sektor kamera pada C6 mendapat Nilai 75

4. Music.

Dibagian ini, saya tidak perlu banyak melakukan pengujian. Karena dulu saya pikir hanya Nokia 5730 yang memiliki speaker jelek karena bass nya yang sangat kurang namun di jual mahal (Tahun lalu masih berharga 3.9jt, dan 5730 saya beri nilai 60 untuk sektor ini). Kini ketika mencoba speaker pada Nokia C6, saya seperti mengulang kejadian tahun lalu.

Jika pada 5730 hanya Bass yang kurang namun masih mampu menghasilkan suara yang jernih dengan baik, maka pada C6 ini saat memutar lagu ori hampir semua sektor terasa kurang, Baik Bass, treble, vocal, sampai volume max yang di hasilkan terasa amat kurang. Jauh sekali rasanya jika dibandingkan dengan 5800 yang menempati posisi puncak sebagai pemutar musik terbaik dari 4 ponsel ini. Dan Nokia C6 saya pastikan menempati posisi terbawah.

Beruntung ketika menggunakan SENNHEISER OMX 60, suara yang dihasilkan mampu memanjakan telinga. Pengujian menggunaan Headset ini saya rasa kualitas suara dari C6 hampir mampu mendekati kualitas suara nokia 5800 dengan acesoris yang sama. Score untuk Play Musik pada speaker internal mendapat Nilai 40.
Score untuk Musik dengan accesoris Headset berkualitas mendapat Nilai 85

5. Connectivity, internet, dan daya tahan

Senang rasanya mengetahui Nokia C6 masih memiliki port “2.0mm Charger Connector”, karena pengisian melalui 2.0mm Charger jauh lebih singkat dibanding melalui microUSB. Namun sayang, tidak seperti Nokia 5730 yang mampu melakukan pengisian baik melalui port 2.0mm ataupun microUSB. Pada C6 pengisian baterai melalui port microUSB tidak bisa dilakukan.

Sekarang waktunya berselancar didunia maya. Dengan penggunaan Simcard Three Unlimited, ternyata C6 mampu menunjukan kelasnya. Browser Ponsel ini yang paling cepat membuka halaman kaskus dibanding 3 peserta lainnya. Kecepatan nya pun tidak berkurang saat menjadikan C6 sebagai modem di PC. Fantastis!!

Kenyamanan benar2 diberikan dari Keyboard Qwerty Nokia C6. Hanya saja entah krn Firmwarenya belum sempurna atau terkendala masalah Hardware (Ram), tampilan screen akan terlihat patah-patah ketika menggeser view ke atas, kekanan, dan kekiri. Animasi flash seperti iklan2 dikaskus pun jadi berkedip-kedip dan sangat tidak nyaman dilihat. Tetapi yang mengherankan, hal ini menjadi normal saat view ditarik ke arah bawah

Dan seperti yang saya katakan diawal, seringkali waktu browsing pada halaman web yang banyak sekali gambarnya, Browsernya langsung tertutup dengan peringatan “memori penuh tutup beberpa aplikasi”. Walau hal ini bagi saya wajar karena mungkin Fw nya masih belum sempurna

Akan tetapi, ada hal yang cukup mengganggu kenikmatan jika berlama-lama internetan, yaitu “suhu”. Baru 5 menit digunakan panasnya mulai terasa, dan setelah 15menit sudah sedikit kurang nyaman lagi dipakai browsing. Padahal pada 5730 yang sama2 berjenis slide, panasnya tidak setinggi C6 pada penggunaan serupa.

Terakhir, memang benar apa yang dibilang banyak user lain, baterai C6 kelewat boros. Karakternya mirip dengan N82, Tidak sampai setengah hari baterai C6 sudah habis jika digunakan berlama-lama membuka youtube.
Nilai 65

KESIMPULAN NYA 🙂

Gambar Spesifikasi Nokia C6 Klik :

Inilah Seri nokia selanjutnya yang mampu melayani semua kebutuhan saya. Walau masih memiliki kelemahan, tidak bisa pungkiri bahwa dengan Design lekukan body nya yang sempurna, Nokia C6 benar2 mampu membuat saya betah berlama2 memegangnya.

Kenyaman, Design yang elegan dengan layar touchscreen3.2 inch yang sensitif terhadap sentuhan, ditambah lagi adanya Qwerty keyboard dengan D-pad kanannya, Serta kamera 5Mpix dan suara di Headset yang bagus. Semuanya dibalut dengan harga yang sangat terjangkau. Menjadikan Nokia C6 pilihan buat anda yang berkantong pas-pasan namun ingin tetap bergaya dan bisa memberikan kenyamanan dalam berinternet.

Kenyamanan & Design Slide Qwerty touchscreen nya menjadi faktor utama saya merekomendasikan Seri Nokia ini kepada anda.

Sekian Review singkat dari Nokia C6. Terima Kasih.

Sumber : kaskus.us

About admin

13 comments

  1. thanks for reviews.
    lebih menarik buatku kalo ada picnya juga ya..

  2. sipp infonya..tolong di bahas nokia n97 mini juga, soalnya saya mau beli. tapi,msh ragu..

  3. c6 ibaratnya adik seperguruan N97mini, dengan teknologi yg hampir sama, namun agak miring harganya :p

  4. thanks infonya..mga sa berguna buat temen2…mau tanya nie..c6 sa buat edit exel gak..makasih

  5. Nokia C6 sudah bisa membaca doc dan excel namun untuk mengedit sepertinya harus menggunakan office suite atau sejenisnya yang full version, silahkan hack saja ponsel anda lalu download office yang full agar lebih mudah, silahkan cari saja di

    Hack Symbian S60 V5

  6. i like your article.
    wah emg siip wez.ne baru kmarin aq bli c6.

  7. tuk C6 bs gak d'instal aplikasi merubah jenis font gt….

  8. @ cilukba, bisa, banyak aplikasi untuk nokia telebih yang sudah ber OS baru

  9. thx ya …
    info x sgt amat membantu …

  10. bettuuuull..beettuuuulll….betttuuuulll ak juga pkae c6… so enjoy

  11. untuk ganti font ada g' apliksinya…
    klw ada downlod dmn???

  12. menganti font pada ponsel paling enak gunakan font router. mudah 🙂 tunggu postingan saya 🙂 segera

  13. Untuk c6 perlu dipasang antivirus g?matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *